Menyelami Dunia Organisasi, Why Not?

Hay… kamu mahasiswa ?

Pernah bilang kalau ikut organisasi itu buang-buang waktu?

Atau pernah juga bilang organisasi nambah beban pikiran dan bikin capek!?

“Mendingan tidur atau heng out sama temen-temen, nonton bioskop atau pacaran kan lebih asyik, nggak nambah-nambahi beban kayak ikutan organisasi”.

ada juga yang kaya gini

“Males ah ikut-ikutan organisasi, kalau mau malu, minder mesti banyak orang hebat disana. Akumah apa atuh”.

Nah pertanyaannya kamu mau sukses nggak? Kalau mau sukses segera buang jauh-jauh pandangan negatif deh. Orang sukses tentu akan menghindari sikap minder apalagi males, karena dua sikap itu bakalan menghambat suksesmu. Kalau banyak orang hebat, bagus dong malahan, kamu juga akan ketularan hebarnya. Makanya pede aja dan selalu berprasangka baik ke orang lain juga ke kamu sendiri. Hargai dirimu sendiri, karena jika kamu nggak menghargai diri sendiri mana mungkin orang lain akan menghargaimu. Fokuskan kamu mampu dan kamu layak diperjuangkan, nggak usah ragu, kayak cowok yang lagi minta restu nikah ke orang tua cewek… ups…tentunya orang tua cewek akan memilih yang hatinya mantap dari pada yang ragu-ragu,,, betul nggak? hehe

Baik itu organisasi di dalam kampus maupun di luar kampus. Banyak lho sekarang organisasi itu baik komunitas daerah, nasional bahkan Internasional. Wow keren banget,,,, kalau kamu bisa terlibat aktif didalamnya. Nggak hanya terkungkung dengan teman satu kelas aja tapi bisa lintas dunia lho.

Yuk kita coba selami lagi apa aja sih keuntungan aktif organisasi itu!

  1. Menjadi pribadi yang dewasa
    Tua itu pasti, tapi dewasa itu pilihan. Yaps… dewasa itu sebuah pilihan. Pernah ketemu nggak sama orang yang umurnya lebih dari dua puluhan tapi tingkahnya masih childdish banget atau kekanak-kanakan. Sikap menang sendiri dan mudah cemberutan itu salah satu karakter dari childdish. Tentu ketika kita aktif di organisasi kita akan belajar banyak tentang kerjasama tim, sikap menghargai dan lebih mementingkan orang lain. Bisa aja sih tanpa organisasi pun berkarakter kayak gitu, tapi mungkin itu turunan dari orang tua. Ketika kita mau sosialisasi dengan orang banyak atau berorganisasi tentu sikap itu akan lebih bisa tumbuh dengan natural.

 

  1. Mengembangkan softkill diri
    Sisi kecerdasan manusia terdiri dari 3 aspek yaitu SQ, IQ dan EQ. Nah di organisasi kamu akan dilatih semuanya termasuk kecerdasan EQ. Berorganisasi akan melatihmu bisa memanajemen waktu dengan baik, pinter public speaking, berkarakter pemimpin dll. Kecerdasan EQ ini yang banyak disukai orang lain atau yang pengen dicari perusahaan-perusahan bonafit. Coba pilih mana pekerja yang sering datang terlambat, mudah emosi, minderan atau yang sering datang tepat waktu, sopan dan percaya diri? Tentu perusahaan akan memilih yang datang tepat waktu, sopan dan percaya diri itu kan.

 

  1. Terlibat peran nyata dan bermanfaat
    Kamu bosan nggak kerjaannya cuma di rumah atau didepan monitor terus? Kalau kamu paham nasehat “sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain” tentu kamu akan memilih mencari sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk orang lain bukan hanya mementingkan egonya sendiri. Ketika kamu diorganisasi kamu bisa membuat event yang membuat kemanfaatan misal ada banjir bandang di suatu daerah maka kamu akan bergegas mengumpulkan donasi ke wilayah tersebut atau eranya kebobrokan karakter kamu bisa buat seminar tentang karakter. Nah semua ini akan kamu dapatkan ketika kamu mau berkumpul atau berorganisasi.

 

  1. Bisa keliling ke seluruh daerah bahkan dunia
    Ketika kamu diorganisasi, kamu akan mendapatkan info-info termasuk kesempatan keliling Indonesia bahkan luar negeri. Kamu bisa memanfaatkan organisasi keilmiahan yang akan membawamu ke negeri lain melalui tulisanmu. Atau delegasi suatu organisasi yang meminta kamu untuk mewakilinya.

 

  1. Banyak relasi
    Seneng kan kalau punya banyak temen, misal nih kita mau keluar daerah, nah kamu bingung cari tempat, ternyata kamu punya temen yang tinggal disana nah minta bantuan dia aja, kan lumayan ada kenalan. Atau ketika bingung nyari kerja, temen-temanmu pasti bakalan merekomendasikan tempat yang baik dan mereka tau. Nah relasi atau jaringan tuh penting banget, tanpa jaringan kita akan senantiasa merasa sendiri tapi ketika kita punya komunitas atau jaringan kita tidak akan merasa sendiri.

“Your High GPA only give you an interview but after that your communication skill, Leadership, and  systematically thinking determine your success”. (Pak Anies Baswedan)

Itu bisa didapat ketika ikut organisasi. Makanya… yuk tunggu apa lagi, segera join ke organisasi. Jangan tunggu pasca kuliah ya karena tantangannya akan jauh lebih besar sedangkan kalau di kampus masih bisa terukur dan sesuai kapasitasmu.