10 Tips Mahasiswa Keren dan Berprestasi

Mau jadi mahasiswa berprestasi? Udah nggak jaman semboyannya “muda foya foya, tua kaya raya terus matinya masuk surga”. Enak bener hidup kayak gitu ya….. Saatnya masa mudamu kayak lagu CJR.

“Menjadi mata air
 Yang terus mengalir
 Selalu memberi karya terbaik
 Bagi bangsa”

Contohnya nih kak Tria, dia adalah mahasiswi UNS dan aku kenal banget sosoknya. Kemarin sempet sharing-sharing tentang seabrek prestasi dan aksi sosialnya. Dia sosok yang  inspiratif, kreatif dan berprestasi. Maka tak heran kalau dia penerima berbagai beasiswa baik dari beasiswa di kampus sampai beasiswa aktivis yaitu bakti nusa. Selain itu aksi sosialnya juga banyak, dia sebagai founder dari sedekah botol solo, founder griya schizofren dll. Wah keren kan…

Mahasiswa berprestasi itu nggak cuma ngejar ijazah doang. Beda banget kan kalau kamu bisa jadi mahasiswa ber IP tinggi dan skillnya pun unggul, kamu bisa dapat buaanyak banget kemudahan, banyak relasi, beasiswa dan banyak banget info-info penting yang harus kamu tau untuk menunjang suksesmu. Itu semua nantinya akan menguntungkan kamu di masa datang. Jadi…. kamu harus banget memanfaatkan moment mahasiswamu semaksimal mungkin.

Aku bagiin ya beberapa tips berprestasi dari kak Tria. Kalau aku jabarkan nih ada 10 tips yang wajib kamu lakuin.

Yuk kita bedah 10 tipsnya biar kamu bisa segera action!

  1. Dream
    Ini penting pake banget. Sebelum masuk perkuliahan tulis dulu mimpi atau target jangka pendek, panjang dan menengah. Ajaib lagi kalau dikasih gambar dan tahun target itu bakalan terlaksana. Nah perlu mikir nih, jangan asal-asalan karena menyangkut masa depanmu
  1. Rekaman
    Rekaman? Buat apa? Rekaman berguna banget pas kamu lagi di kelas, bisa gunakan alat bantu untuk merekam pelajaran. Manfaatin tuh hp daripada buat mainan di kelas yang bakal ganggu pelajaran. Bisa juga dengan menulis cepat apapun yang disampaikan dosen. Hargailah setiap tindakan kecil apapun itu, termasuk merekam atau mencatat pelajaran karena 80% dosen akan memberi soal ujian sesuai apa yang telah dijelaskan olehnya.
  1. Perangin ngantuk
    Mau jadi mahasiswa keren? jangan hobi tidur ya… tapi namanya manusia ngantuk ya bolehlah tapi kamu harus tau mana waktu tidur, waktu belajar, waktu makan. Mahasiswa sering juga begadang karena deadline tugas atau apalah itu tapi tetep perangi ngantuk di dalam kelas. Caranya kamu bergegas ijin untuk jalan dan cuci muka atau yang lebih bagus lagi kamu bertanya materi yang disampaikan dosen. Pastinya kamu harus konsen dulu kan buat ngasih pertanyaan yang baik.
  1. Dekatin dosen
    Cara paling ampuh menjadi mahasiswa jago di kelas yaitu deketin dosen. Semua dosen baik yang disenengi atau nggak. Karena dosen biasanya akan seneng sama kamu yang mau aktif di kelas, punya nilai-nilai bagus dan berlomba lomba membantu dosen apalagi kalau dosen doyan curhat minimal didengerin lah. Nah sering seringlah diskusi atau transfer ilmu, secara dosen keilmuannya sudah tingkat atas dan banyak pengalamannya. Kuncinya kalau dosen percaya sama kamu apapun info-info yang dosen tau, orang pertama yang bakalan tau itu kamu.
  1. Hobby, Kepo n’ stalking
    Hobby Kepo dan stalking kok bisa? Jangan salah kepo dan stalking juga bisa nambah wawasan kamu lebih terbuka lho, asal gak berlebihan aja dan yang dikepoin hal yang penting. Bukan ngepoin sang mantan yang sudah pindah ke lain hati itu mah malah jadi baper. Buang tuh galau atau baper gara-gara gituan. Kepo sama tokoh yang kita gak bisa jangkau lihat biodata atau kepo sama kakak-kakak yang berprestasi, nah itu baru keren.
  1. PD aja selagi itu baik
    Ini nggak kalah penting namanya PD alias percaya diri. Caranya gimana biar bisa PD?  Misal dulunya cupu, nggak berani ngomong, penakut dll… nah salah satunya adalah buang jauh-jauh penilaian orang terhadap diri kamu. “Jangan-jangan aku ngomongnya salah, jangan jangan dia marah dll”. Bedakan ya terlalu peka sama terlalu takut dinilai orang jelek. Peka boleh malah bagus tapi kalau terlalu pengen membuat orang bahagia sementara di luar batas kemampuan kita itu yang susah. Selama kita di jalan yang benar, percaya diri itu nomer satu.
  1. Follow beberapa UKM/organisasi
    Di luar kelas pun kita kudu berprestasi, mengeksplore bakat-bakat terpendammu. Dengan berorganisasi banyak sekali nilai plusnya yaitu public spekaing bagus, kerjasam tim dapet dan melatih kepemimpinan yang penting banget untuk masuk ke dunia kerja. Perusahaan manapun biasanya akan mencantumkan riwayat organisasinya. Nah kalau yang nggak punya, mau dikosongin gitu? Padahal bisa jadi nilai plusnya disitu lho.
  1. Manage waktumu
    Pasti tau ya orang hebat itu bakalan sibuk karena banyak orang yang membutuhkannya. Eittts… tapi perlu diinget ibarat makan gajah nih ya hewan segede itu  kamu makan bakalan makan sedikit sedikitkan nggak langsung semuanya? Begitu juga kamu harus cerdik dan rajin mencicil tugas baik itu tugas kuliah atau organisasi atau aktivitas harianmu. Nah deadline adalah kerjaan mahasiswa yang kudu diberantas segera. Jangan menunda tugas, karena ketika kamu menunda sesuatu bukan pekerjaan itu semakin ringan, malah menjadi tumpukan yang bikin pusing kepala.
  1. Fokus
    Masuk nih ke area fokus. Kalau mau jadi mahasiswa berprestasi harus pandai menyeimbangkan antara belajar di kelas dan belajar di organisasi. Misal masih di kelas ya fokus dengan materinya bukan ngerjain tugas lain atau malah tugas organisasinya. Kalau sedang rapat atau agenda di organisasi juga kudu maksimal. Jangan jadi mahasiswa yang demen organisasi dan sibuk banget cuma ikut-ikutan tapi nggak produktif. Beda lho sibuk sama produktif…
  1. Jaga kesehatan
    Sangat perlu diperhatikan nih tentang kesehatan. Penyakit mahasiswa biasanya ngedrop akibat kelelahan, tipes, maag dll. Gara-garanya bisa telat makan, banyak agenda, makannya yang instan terus, males olah raga lagi. Padahal olah raga tuh perlu banget untuk menjaga stamina kita. Sekali dalam seminggu bisa untuk jogging, renang atau olah raga ringan setiap harinya misal olah pernafasan, dan ada pemanasan, pendinginan dll.

Itu tadi 10 tips buat kamu-kamu, yang pengen jadi mahasiswa yang banyak prestasinya. Intinya mau banyak belajar dari manapun sumbernya dan segera mengaplikasikannya atau take action segeraaa ya…. Ilmu bukan buat diri kita sendiri tapi untuk orang lain juga. Kalau kamu pinter banyak bahasa atau punya banyak prestasi lainnya tentu orang lain akan merasakan kemanfaatan dari prestasimu itu. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain? Keep spirit 🙂

 

Kamu pengin tau kegiatan-kegiatan keren atau pengin kenal sama mahasiswa-mahasiswa hebat dari kampus lain? Yuk daftar Studn.id dan temukan aktivitas-aktivitas menarik dari kampus di Indonesia.

Jangan Ngaku Anak Kampus Gaul Kalau Belum Tau Ini

Kalau kamu tahu situs-situs blog anak kampus yang keren berikut, kamu akan jauh lebih up to date tentang info-info menarik seputar kampus(mu).

Mari kita simak curahan hati pemilik blog di bagian “about us” situs mereka:

anakUI.com adalah komunitas (unofficial) bagi mahasiswa maupun alumni UI. Berdiri sejak Agustus 2007, anakUI.com menjembatani para mahasiswa dan alumni UI untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi, serta menginspirasi Indonesia.

AnakTelkom.com adalah sebuah website untuk teman-teman yang akan, sedang dan pernah kuliah di Telkom University. Website ini diharapkan bisa menjadi tempat untuk saling berbagi dan berdiskusi untuk membuat Kampus Telkom University menjadi yang terbaik.

UNY Community lahir pada tahun 2012. Saat itu kami mulai serius berusaha semaksimal mungkin menggarapnya. Bukan hal mudah memang, tapi kami tetap berkomitmen sejauh ini. Apalagi ketika kami melihat banyak mahasiswa yang terbantu dengan  keberadaan UNY Community. Senang rasanya ketika kami mampu berbagi kebaikan untuk orang lain.

Unibkita.com adalah komunitas bagi mahasiswa maupun alumni UNIB didirikan sejak Januari 2016. Unibkita.com merupakan media para mahasiswa dan alumni UNIB untuk saling berbagi informasi, berinteraksi dan menginspirasi Indonesia. Adapun jargon yang diusung oleh unibkita.com yakni “Berbagi, Aspiratif, Inspiratif”.

Sekitar Unnes [dot] Com – merupakan sebuah portal informasi online yang akan mengabarkan segala peristiwa dan informasi di Sekitar Unnes. Mulai dari Info Kuliner, Info Kost, Info Tempat Nongkrong, Info Tempat Ngopi, Info Komunitas, Pokoknya semua tentang Unnes dan sekitarnya. Sebuah gagasan untuk mengabarkan informasi dan peristiwa yang ada dan terjadi di sekitar Unnes melalui jalur maya.

Ini Dia 11 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS

Kali ini Studn.id mau kasih tau sebelas perguruan terbaik di Indonesia. Perlu kalian ketahui peringkat perguruan tinggi kadang berbeda beda tergantung cara penilaiannya. Nah salah satu lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia yaitu Quacquarelli Symonds (http://www.qs.com) dalam websitenya merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia, sedangkan di Indonesia sendiri masuk didalamnya 11 perguruan tinggiterbaik Indonesia dikancah Asia 2016 versi QS.

Berikut lengkapnya:

  1. Universitas Indonesia (Jakarta)
  2. Institut Teknologi Bandung (Bandung)
  3. Universitas Gadjah Mada (Jogjakarta)
  4. Universitas Airlangga (Surabaya)
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  6. Universitas Padjadjaran (Bandung)7Universitas Diponegoro (Semarang)
  7. Universitas Muhammadiyah Surakarta (Solo)
  8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Surabaya)
  9. Universitas Brawijaya (Malang)
  10. Universitas Bina Nusantara (Jakarta)

Penetapan peringkat perguruan tinggi didasarkan pada hasil riset Quacquarelli Symonds (http://www.qs.com) dengan menggunakan 9 indikator untuk menyusun peringkat 350 universitas di Asia tahun 2016. Indikator tersebut adalah sebagai berikut,Apakah kamu termasuk mahasiswa perguruan tinggi diatas? Bangga dong pastinya. Nah jika dilihat disini Universitas Muhammadiyah Surakarta mampu bertengger di 10 besar peguruan tinggi terbaik, menglahkan Unibraw dan Binus. Keren kan?Sumber: Riset Quacquarelli Symonds

  1. Reputasi akademis (bobot 30%)
    Survei dilakukan ke kalangan akademisi kampus di setiap jurusan/pogram studi untuk mengukur kekuatan jurusan/program studi tersebut
  2. Reputasi karyawan (bobot 10%)
    Mensurvei karyawan administrasi perguruan tinggi untuk mengukur kualitas layanan administasi perguruan tinggi.
  3. Rasio fakultas/mahasiswa (bobot 20%)
    Dihitung dari rasio jumlah dosen dengan jumlah mahasiswa yang lulus dari setiap program studi di perguruan tinggi
  4. Penghargaan hasil riset (bobot 15%)
    Indikatornya adalah jumlah riset ilmiah perguruan tinggi yang mendapatkan penghargaan sebagai tolok ukur reputasi karya ilmiah tersebut, yang dianalisis dengan program Scopus.
  5. Jumlah riset ilmiah per fakultas (bobot 15%)
    Dengan menggunakan aplikasi Scopus, jumlah riset ilmiah per fakultas dikalkulasi menjadi skor dengan bobot penilaian 15%.
  6. Proporsi fakultas internasional (2,5%)
    Indikator ini menganalisis jumlah program studi internasional yang ada di perguruan tinggi tersebut.
  7. Mahasiswa internasional (2,5%)
    Indikator ini menganalisis jumlah program studi internasional yang ada di perguruan tinggi tersebut.
    Sama dengan poin nomor 6 pengukuran jumlah mahasiswa program studi internasional itu dilihat dari rasio jumlah mahasiswa internasional dibandingkan dengan pegawai administrasi PT sebagai penentu kualitas layanan administrasi program studi internasional tersebut.
  8. Proporsi pertukaran mahasiswa ke luar negeri (2,5%) dan
    Indikator ini dilihat dari jumlah mahasiswa yang dikirim ke luar negeri dalam rangka program pertukaran mahasiswa serta penerimaan mahasiswa dari luar negeri dalam rangka program tersebut.
  9. Proporsi penerimaan pertukaran mahasiswa dari luar negeri.
    Senada dengan indikator ke nomor 8, indikator ini dilihat dari jumlah mahasiswa yang dikirim ke luar negeri dalam rangka program pertukaran mahasiswa serta penerimaan mahasiswa dari luar negeri dalam rangka program tersebut.

Mungkin banyak diantara kalian bertanya tanya, kenapa perguruan tinggiku tidak masuk? Kenapa cuma 11 perguruan tinggi saja? Studn.id kasih tau nih, ternyata memang Quacquarelli Symonds hanya mensurvei  11 perguruan tinggi di Indonesia. Dikutip dari kelembagaan.ristekdikti.go.id bahwa Simona Bizzozero, Kepala Humas Quacquarelli Symonds, menegaskan lembaga survei global itu melakukan kajian terhadap seluruh universitas di Indonesia. Dijelaskan juga bahwa memang hanya 11 universitas itulah yang memenuhi  9 indikator itu dengan tiga kriteria Quacquarelli Symonds.

Simona Bizzozero menyebutkan tiga kriteria adalah :

  • Memiliki program studi sarjana dan pasca sarjana;
  • Menggelar riset minimal di dua dari program studi seni & humaniora, ilmu alam, ilmu hidup, ilmu sosial, serta teknologi & rekayasa;
  • Disurvei dari responden staf pengajar dan staf administrasi secara global.

Jadi, begitulan 11 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia. Kalau perguruan tinggi kamu belum masuk sini jangan khawatir, atau berendah hati.

Yuk jadi bagian dari civitas akademika yang turut membangun almamaternya, dan turut membangun pendidikan di Indonesia.

 

Editor : Choirul Rizal Fauzi
Sumber:
http://www.kopertis12.or.id/2016/06/14/inilah-11-universitas-terbaik-di-indonesia-2016-versi-qs.html